PERCOBAAN 7 - MEMBUAT MODEL RCWS MENGGUNAKAN 3DS MAX

 

PERCOBAAN 7

DESAIN REMOTE CONTROL WEAPON SYSTEM (RCWS) MENGGUNAKAN 3DS MAX

 

 

1. Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat Desain RCWS.

 

2. Alat dan Bahan : 

    a.    Laptop

    b.    Aplikasi 3dsMax

     c.    Cylinder

     d.    Tube

     e.    Box

     f.     Boolean

     g.    Extrude

     h.    M diffuse

 

3. Dasar Teori :

    a.    RCWS

RCWS adalah sistem senjata yang dirancang untuk dipasang pada kendaraan militer, kapal perang, atau pos pertahanan untuk mengendalikan senjata secara jarak jauh tanpa harus mengorbankan nyawa manusia. RCWS memungkinkan operator untuk mengendalikan senjata dari jarak jauh, sering kali menggunakan antarmuka yang terpasang di dalam kendaraan atau kapal. Ini memungkinkan operator untuk mengidentifikasi dan menargetkan potensi ancaman tanpa harus berada di luar kendaraan atau kapal, yang bisa meningkatkan keamanan personel. RCWS dapat dipasang dengan berbagai jenis senjata, termasuk senapan mesin, senapan otomatis, senapan sniper, peluncur granat, atau bahkan rudal. Jenis senjata yang dipilih biasanya disesuaikan dengan peran dan kebutuhan misi.

Sebagian besar RCWS dilengkapi dengan sistem pengamatan yang canggih, seperti kamera termal, kamera malam, dan sensor lainnya. Ini memungkinkan operator untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah atau di malam hari, serta mendeteksi target yang mungkin sulit dilihat secara manual. RCWS biasanya sangat presisi dan dapat mengincar target dengan cepat dan akurat. Hal ini membuatnya efektif dalam situasi tempur atau pengawasan perbatasan. RCWS sering terintegrasi dengan sistem komunikasi dan pengendalian yang lebih luas pada kendaraan atau kapal tempur. Ini memungkinkan berbagi informasi dengan unit lain dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

 

    b.    Cylinder

Cylinder merujuk kepada salah satu dari banyak jenis geometri dasar yang dapat digunakan sebagai komponen dasar untuk membangun objek 3D. Cylinder adalah bentuk tiga dimensi yang umumnya memiliki dua permukaan cembung dan dua lingkaran yang sejajar (atas dan bawah). Cylinder adalah salah satu bentuk primitif yang tersedia untuk digunakan dalam proses modeling. Dalam 3ds Max, cylinder adalah salah satu elemen dasar yang sangat berguna untuk membangun objek 3D yang lebih kompleks. Cylinder dapat dimodifikasi dan dikombinasikan dengan bentuk-bentuk lainnya untuk menciptakan berbagai jenis objek dalam dunia modeling dan animasi 3D.

 

c.    Tube

Tube adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada objek 3D yang memiliki bentuk seperti tabung atau pipa. Tube ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam proses modeling dan pembuatan objek 3D. Tube dalam 3ds Max sering digunakan untuk menciptakan objek-objek seperti pipa, saluran, kerucut, atau benda-benda silindris yang mirip. Mereka dapat diubah menjadi berbagai bentuk atau diintegrasikan dengan objek-objek lain untuk membuat struktur yang lebih kompleks. Tube adalah salah satu bentuk primitif yang sangat berguna dalam proses modeling 3D, terutama ketika perlu membuat objek dengan bentuk silindris atau berongga. Dengan mengatur parameter yang sesuai, dapat menciptakan tube dengan berbagai ukuran dan bentuk untuk memenuhi kebutuhan desain.

 

d.    Box

Box dalam 3ds Max dapat digunakan untuk menciptakan objek-objek dasar yang memiliki bentuk kubus atau persegi panjang, seperti kotak, bangunan, dinding, atau elemen-elemen struktural lainnya. Anda juga dapat mengubah box menjadi berbagai bentuk dengan cara memodifikasi parameter-parameternya. Box adalah salah satu bentuk primitif yang paling sederhana dalam modeling 3D dan sering digunakan sebagai titik awal dalam pembuatan objek yang lebih kompleks.

 

e.    Boolean

Dalam konteks 3ds Max atau perangkat lunak 3D modeling lainnya, "boolean" merujuk kepada operasi yang digunakan untuk menggabungkan, memotong, atau memotong objek-objek 3D satu sama lain. Operasi boolean memungkinkan untuk menggabungkan atau memanipulasi objek-objek 3D dengan cara yang lebih kompleks dan kreatif. Operasi boolean sering digunakan dalam proses modeling 3D untuk membuat objek yang lebih kompleks atau untuk memodifikasi objek yang ada. Ini memungkinkan untuk menghasilkan geometri yang rumit dengan cara yang efisien.

Beberapa jenis operasi boolean yang umum adalah Union(Gabungan), Intersection(Potongan) dan Subtraction(Pengurangan).

 

f.     Extrude

Extrude adalah salah satu fitur yang umumnya ditemukan dalam berbagai perangkat lunak pemodelan 3D, termasuk aplikasi seperti 3D Studio Max, Autodesk Maya, Blender, dan sebagainya. Fungsi utama dari menu "Extrude" adalah untuk memperpanjang atau mengekstrusi permukaan objek 3D, sehingga menciptakan dimensi ketiga tambahan pada objek tersebut. Ini adalah salah satu alat yang sangat penting dalam pemodelan 3D.

 

g.    Diffuse

Diffuse adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan warna atau tekstur dasar suatu objek yang tidak memperhitungkan efek bayangan, refleksi, atau pencahayaan yang kompleks. Diffuse menggambarkan warna atau tekstur dasar dari permukaan objek dalam representasi 3D. Ini adalah warna atau tekstur yang akan terlihat pada permukaan objek ketika tidak ada efek pencahayaan khusus atau material yang lebih kompleks yang diterapkan. Diffuse tidak memperhitungkan efek pencahayaan yang kompleks seperti refleksi, bayangan, atau specular highlights. Ini adalah warna dasar yang terlihat oleh mata ketika objek itu sendiri tidak memantulkan cahaya atau memiliki sifat material yang spesifik.

 

      

4. Langkah-langkah Percobaan

    a.    Membuat Desain


 


 


 

                       

5. Hasil dan Pembahasan

    a.    Hasil Video

             

b.    Penggunaan masing-masing tool

-       Tool Cylinder digunakan untuk membuat barrel senjata, kaki tripod, selongsong munisi serta pegangan senjata M2 Browning.

-        Tool Box digunakan untuk membuat bagan senjata, kotak munisi serta dudukan kamera RCWS.

-       Tool Boolean dalam konteks 3ds max digunakan untuk melubangi, mengurangi maupun menggabungkan beberapa komponen.

-     Tool Extrude digunakan untuk menebalkan bentuk baik memperpanjang atau memperpendek sehingga terbentuk objek 3D. Extrude juga dapat digabungkan dengan Tool line, setelah Line terbentuk menjadi shape, maka Extrude digunakan untuk merubah Shape tersebut menjadi sebuah object 3D.

-        Diffuse untuk menggambarkan warna atau tekstur dasar suatu objek yang tidak memperhitungkan efek bayangan, refleksi, atau pencahayaan yang kompleks. Diffuse menggambarkan warna atau tekstur dasar dari permukaan objek dalam representasi 3D. Ini adalah warna atau tekstur yang akan terlihat pada permukaan objek ketika tidak ada efek pencahayaan khusus atau material yang lebih kompleks yang diterapkan.

 

6. Kesimpulan

           Pembuatan Model RCWS dengan 3ds Max ini dimulai dengan mengumpulkan konsep, ide serta referensi model. Kemudian Model dibuat dengan menggunakan berbagai macam Tools yang disediakan oleh 3ds Max seperti Box, Cylinder, Boolean maupun Extrude. Beberapa objek tambahan yang dapat ditambahkan selain senjata M2 Browning adalah Box Kamera, Kotak munisi, Kotak penampung kelongsong serta tripod. Penambahan detail pada model diperlukan untuk memberikan kesan realistis dan mendekati objek aslinya sehingga terbentuk sebuah tampilan yang mendekati objek sebenarnya.

            Setelah model terbuat dapat ditambahkan animasi rotasi baik elevasi maupun azimuth seperti tercantum dalam video. Penambahan animasi pada 3ds Max menggunakan Tool Set Key, Auto Key, serta Rotate pada objek. Proses Akhir dari pembuatan Model ini adalah Rendering berfungsi mengubah model 3D yang telah dibuat menjadi gambar atau animasi yang dapat digunakan dalam berbagai media dengan output berupa file Video.

                                   

Komentar