PERCOBAAN 7 - MEMBUAT MODEL RCWS MENGGUNAKAN 3DS MAX
PERCOBAAN 7
DESAIN REMOTE CONTROL WEAPON SYSTEM (RCWS) MENGGUNAKAN 3DS MAX
1. Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat Desain RCWS.
2. Alat dan Bahan :
a.
Laptop
b.
Aplikasi 3dsMax
c. Cylinder
d. Tube
e. Box
f. Boolean
g. Extrude
h. M
diffuse
3. Dasar Teori :
a. RCWS
RCWS adalah sistem senjata yang
dirancang untuk dipasang pada kendaraan militer, kapal perang, atau pos
pertahanan untuk mengendalikan senjata secara jarak jauh tanpa harus
mengorbankan nyawa manusia. RCWS memungkinkan operator untuk mengendalikan
senjata dari jarak jauh, sering kali menggunakan antarmuka yang terpasang di
dalam kendaraan atau kapal. Ini memungkinkan operator untuk mengidentifikasi
dan menargetkan potensi ancaman tanpa harus berada di luar kendaraan atau
kapal, yang bisa meningkatkan keamanan personel. RCWS dapat dipasang dengan
berbagai jenis senjata, termasuk senapan mesin, senapan otomatis, senapan
sniper, peluncur granat, atau bahkan rudal. Jenis senjata yang dipilih biasanya
disesuaikan dengan peran dan kebutuhan misi.
Sebagian besar RCWS dilengkapi
dengan sistem pengamatan yang canggih, seperti kamera termal, kamera malam, dan
sensor lainnya. Ini memungkinkan operator untuk melihat dalam kondisi cahaya
rendah atau di malam hari, serta mendeteksi target yang mungkin sulit dilihat
secara manual. RCWS biasanya sangat presisi dan dapat mengincar target dengan
cepat dan akurat. Hal ini membuatnya efektif dalam situasi tempur atau
pengawasan perbatasan. RCWS sering terintegrasi dengan sistem komunikasi dan
pengendalian yang lebih luas pada kendaraan atau kapal tempur. Ini memungkinkan
berbagi informasi dengan unit lain dan mendukung pengambilan keputusan yang
lebih baik.
b. Cylinder
Cylinder merujuk kepada salah satu
dari banyak jenis geometri dasar yang dapat digunakan sebagai komponen dasar
untuk membangun objek 3D. Cylinder adalah bentuk tiga dimensi yang umumnya
memiliki dua permukaan cembung dan dua lingkaran yang sejajar (atas dan bawah).
Cylinder adalah salah satu bentuk primitif yang tersedia untuk digunakan dalam
proses modeling. Dalam 3ds Max, cylinder adalah salah satu elemen dasar yang
sangat berguna untuk membangun objek 3D yang lebih kompleks. Cylinder dapat
dimodifikasi dan dikombinasikan dengan bentuk-bentuk lainnya untuk menciptakan
berbagai jenis objek dalam dunia modeling dan animasi 3D.
c. Tube
Tube adalah istilah yang sering
digunakan untuk merujuk pada objek 3D yang memiliki bentuk seperti tabung atau
pipa. Tube ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam proses modeling
dan pembuatan objek 3D. Tube dalam 3ds Max sering digunakan untuk menciptakan
objek-objek seperti pipa, saluran, kerucut, atau benda-benda silindris yang
mirip. Mereka dapat diubah menjadi berbagai bentuk atau diintegrasikan dengan
objek-objek lain untuk membuat struktur yang lebih kompleks. Tube adalah salah
satu bentuk primitif yang sangat berguna dalam proses modeling 3D, terutama
ketika perlu membuat objek dengan bentuk silindris atau berongga. Dengan
mengatur parameter yang sesuai, dapat menciptakan tube dengan berbagai ukuran
dan bentuk untuk memenuhi kebutuhan desain.
d. Box
Box dalam 3ds Max dapat digunakan
untuk menciptakan objek-objek dasar yang memiliki bentuk kubus atau persegi
panjang, seperti kotak, bangunan, dinding, atau elemen-elemen struktural
lainnya. Anda juga dapat mengubah box menjadi berbagai bentuk dengan cara
memodifikasi parameter-parameternya. Box
adalah salah satu bentuk primitif yang paling sederhana dalam modeling 3D dan
sering digunakan sebagai titik awal dalam pembuatan objek yang lebih kompleks.
e. Boolean
Dalam konteks 3ds Max atau perangkat
lunak 3D modeling lainnya, "boolean" merujuk kepada operasi yang
digunakan untuk menggabungkan, memotong, atau memotong objek-objek 3D satu sama
lain. Operasi boolean memungkinkan untuk menggabungkan atau memanipulasi
objek-objek 3D dengan cara yang lebih kompleks dan kreatif. Operasi boolean
sering digunakan dalam proses modeling 3D untuk membuat objek yang lebih
kompleks atau untuk memodifikasi objek yang ada. Ini memungkinkan untuk
menghasilkan geometri yang rumit dengan cara yang efisien.
Beberapa jenis operasi boolean yang
umum adalah Union(Gabungan), Intersection(Potongan) dan
Subtraction(Pengurangan).
f. Extrude
Extrude adalah salah satu fitur yang
umumnya ditemukan dalam berbagai perangkat lunak pemodelan 3D, termasuk
aplikasi seperti 3D Studio Max, Autodesk Maya, Blender, dan sebagainya. Fungsi
utama dari menu "Extrude" adalah untuk memperpanjang atau mengekstrusi
permukaan objek 3D, sehingga menciptakan dimensi ketiga tambahan pada objek
tersebut. Ini adalah salah satu alat yang sangat penting dalam pemodelan 3D.
g. Diffuse
Diffuse adalah istilah yang
digunakan untuk menggambarkan warna atau tekstur dasar suatu objek yang tidak
memperhitungkan efek bayangan, refleksi, atau pencahayaan yang kompleks. Diffuse
menggambarkan warna atau tekstur dasar dari permukaan objek dalam representasi
3D. Ini adalah warna atau tekstur yang akan terlihat pada permukaan objek
ketika tidak ada efek pencahayaan khusus atau material yang lebih kompleks yang
diterapkan. Diffuse tidak memperhitungkan efek pencahayaan yang kompleks
seperti refleksi, bayangan, atau specular highlights. Ini adalah warna dasar
yang terlihat oleh mata ketika objek itu sendiri tidak memantulkan cahaya atau
memiliki sifat material yang spesifik.
4. Langkah-langkah Percobaan
a. Membuat Desain
5. Hasil dan Pembahasan
a. Hasil Video
b. Penggunaan masing-masing tool
- Tool
Cylinder digunakan untuk membuat barrel senjata, kaki tripod, selongsong munisi serta pegangan senjata M2 Browning.
- Tool
Box digunakan untuk membuat bagan senjata, kotak munisi serta dudukan kamera
RCWS.
- Tool
Boolean dalam konteks 3ds max digunakan untuk melubangi, mengurangi maupun
menggabungkan beberapa komponen.
- Tool
Extrude digunakan untuk menebalkan bentuk baik memperpanjang atau memperpendek
sehingga terbentuk objek 3D. Extrude juga dapat digabungkan dengan Tool line,
setelah Line terbentuk menjadi shape, maka Extrude digunakan untuk merubah Shape
tersebut menjadi sebuah object 3D.
- Diffuse
untuk menggambarkan warna atau tekstur dasar suatu objek yang tidak
memperhitungkan efek bayangan, refleksi, atau pencahayaan yang kompleks.
Diffuse menggambarkan warna atau tekstur dasar dari permukaan objek dalam
representasi 3D. Ini adalah warna atau tekstur yang akan terlihat pada
permukaan objek ketika tidak ada efek pencahayaan khusus atau material yang
lebih kompleks yang diterapkan.
6. Kesimpulan
Pembuatan Model RCWS dengan 3ds
Max ini dimulai dengan mengumpulkan konsep, ide serta referensi model. Kemudian
Model dibuat dengan menggunakan berbagai macam Tools yang disediakan oleh 3ds
Max seperti Box, Cylinder, Boolean maupun Extrude. Beberapa objek tambahan yang
dapat ditambahkan selain senjata M2 Browning adalah Box Kamera, Kotak munisi, Kotak
penampung kelongsong serta tripod. Penambahan detail pada model diperlukan
untuk memberikan kesan realistis dan mendekati objek aslinya sehingga terbentuk
sebuah tampilan yang mendekati objek sebenarnya.
Setelah model terbuat dapat
ditambahkan animasi rotasi baik elevasi maupun azimuth seperti tercantum dalam
video. Penambahan animasi pada 3ds Max menggunakan Tool Set Key, Auto Key,
serta Rotate pada objek. Proses Akhir dari pembuatan Model ini adalah Rendering
berfungsi mengubah model 3D yang telah dibuat menjadi gambar atau animasi yang
dapat digunakan dalam berbagai media dengan output berupa file Video.
Komentar
Posting Komentar