PERCOBAAN 7 - DESIGN DRONE BURUNG MENGGUNAKAN 3DS MAX

 

PERCOBAAN 7

DESAIN DRONE BURUNG MENGGUNAKAN 3DS MAX

 

 

1. Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat Desain Drone Burung Menggunakan 3ds Max.

 

2. Alat dan Bahan : 

    a.    Laptop

    b.    Aplikasi 3dsMax

    c.    Cylinder

    d.    Tube

    e.    Box

    f.     Boolean

    g.    Extrude

    h.    M diffuse

 

3. Dasar Teori :

    a.    Drone

 

Drone adalah sebuah istilah yang umumnya merujuk kepada pesawat tanpa awak atau pesawat tanpa pilot. Drone dapat dikendalikan secara remote oleh operator atau dapat diatur untuk melaksanakan misi secara otonom dengan menggunakan perangkat lunak dan sensor yang terintegrasi. Drone dapat memiliki berbagai ukuran, bentuk, dan fungsi, dan seringkali digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pemantauan, pemetaan, pengamatan, fotografi udara, pengiriman, dan bahkan keperluan militer. Mereka biasanya dilengkapi dengan berbagai sensor seperti kamera, lidar, GPS, dan sensor lainnya untuk membantu dalam navigasi dan pelaksanaan tugas mereka.

 

Drone burung adalah jenis drone yang dirancang untuk meniru penampilan dan perilaku burung. Drone ini dirancang dengan bahan-bahan yang dapat membuatnya terlihat seperti burung asli dan seringkali digunakan untuk tujuan pengamatan atau pemantauan tanpa terdeteksi.

 

Drone burung dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti surveilans militer, pengamatan alam liar, dan penelitian ilmiah. Desainnya yang menyerupai burung dapat membantu drone ini terlihat seperti bagian alam liar dan menghindari deteksi oleh manusia atau hewan lainnya. Penggunaan drone burung dapat memberikan keunggulan dalam situasi di mana drone konvensional mungkin terdeteksi atau dapat menimbulkan kecurigaan. Meskipun mereka tidak memiliki kemampuan terbang seperti burung sungguhan, drone burung dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu tanpa menarik perhatian yang tidak diinginkan.

 

    b.    Cylinder

Cylinder merujuk kepada salah satu dari banyak jenis geometri dasar yang dapat digunakan sebagai komponen dasar untuk membangun objek 3D. Cylinder adalah bentuk tiga dimensi yang umumnya memiliki dua permukaan cembung dan dua lingkaran yang sejajar (atas dan bawah). Cylinder adalah salah satu bentuk primitif yang tersedia untuk digunakan dalam proses modeling. Dalam 3ds Max, cylinder adalah salah satu elemen dasar yang sangat berguna untuk membangun objek 3D yang lebih kompleks. Cylinder dapat dimodifikasi dan dikombinasikan dengan bentuk-bentuk lainnya untuk menciptakan berbagai jenis objek dalam dunia modeling dan animasi 3D.

 

c.    Tube

Tube adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada objek 3D yang memiliki bentuk seperti tabung atau pipa. Tube ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam proses modeling dan pembuatan objek 3D. Tube dalam 3ds Max sering digunakan untuk menciptakan objek-objek seperti pipa, saluran, kerucut, atau benda-benda silindris yang mirip. Mereka dapat diubah menjadi berbagai bentuk atau diintegrasikan dengan objek-objek lain untuk membuat struktur yang lebih kompleks. Tube adalah salah satu bentuk primitif yang sangat berguna dalam proses modeling 3D, terutama ketika perlu membuat objek dengan bentuk silindris atau berongga. Dengan mengatur parameter yang sesuai, dapat menciptakan tube dengan berbagai ukuran dan bentuk untuk memenuhi kebutuhan desain.

 

d.    Box

Box dalam 3ds Max dapat digunakan untuk menciptakan objek-objek dasar yang memiliki bentuk kubus atau persegi panjang, seperti kotak, bangunan, dinding, atau elemen-elemen struktural lainnya. Anda juga dapat mengubah box menjadi berbagai bentuk dengan cara memodifikasi parameter-parameternya. Box adalah salah satu bentuk primitif yang paling sederhana dalam modeling 3D dan sering digunakan sebagai titik awal dalam pembuatan objek yang lebih kompleks.

 

e.    Boolean

Dalam konteks 3ds Max atau perangkat lunak 3D modeling lainnya, "boolean" merujuk kepada operasi yang digunakan untuk menggabungkan, memotong, atau memotong objek-objek 3D satu sama lain. Operasi boolean memungkinkan untuk menggabungkan atau memanipulasi objek-objek 3D dengan cara yang lebih kompleks dan kreatif. Operasi boolean sering digunakan dalam proses modeling 3D untuk membuat objek yang lebih kompleks atau untuk memodifikasi objek yang ada. Ini memungkinkan untuk menghasilkan geometri yang rumit dengan cara yang efisien.

Beberapa jenis operasi boolean yang umum adalah Union(Gabungan), Intersection(Potongan) dan Subtraction(Pengurangan).

 

f.     Extrude

Extrude adalah salah satu fitur yang umumnya ditemukan dalam berbagai perangkat lunak pemodelan 3D, termasuk aplikasi seperti 3D Studio Max, Autodesk Maya, Blender, dan sebagainya. Fungsi utama dari menu "Extrude" adalah untuk memperpanjang atau mengekstrusi permukaan objek 3D, sehingga menciptakan dimensi ketiga tambahan pada objek tersebut. Ini adalah salah satu alat yang sangat penting dalam pemodelan 3D.

 

g.    Diffuse

Diffuse adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan warna atau tekstur dasar suatu objek yang tidak memperhitungkan efek bayangan, refleksi, atau pencahayaan yang kompleks. Diffuse menggambarkan warna atau tekstur dasar dari permukaan objek dalam representasi 3D. Ini adalah warna atau tekstur yang akan terlihat pada permukaan objek ketika tidak ada efek pencahayaan khusus atau material yang lebih kompleks yang diterapkan. Diffuse tidak memperhitungkan efek pencahayaan yang kompleks seperti refleksi, bayangan, atau specular highlights. Ini adalah warna dasar yang terlihat oleh mata ketika objek itu sendiri tidak memantulkan cahaya atau memiliki sifat material yang spesifik.

 

      

4. Langkah-langkah Percobaan

    a.    Membuat Desain







5. Hasil dan Pembahasan

    a.    Hasil Video

 

b.    Penggunaan masing-masing tool

-      Pertama membuat Map kemudian Gambar Drone burung dimasukan dengan menggunakan Texture.

-          Setelah itu, melakukan modeling menggunakan Extrude.

-        Tool Cylinder digunakan untuk membuat kerangka sayap, roda penggerak serta baut drone burung.

-       Tool Boolean dalam konteks 3ds max digunakan untuk melubangi, mengurangi maupun menggabungkan beberapa komponen.

-     Tool Extrude digunakan untuk menebalkan bentuk baik memperpanjang atau memperpendek sehingga terbentuk objek 3D. Extrude juga dapat digabungkan dengan Tool line, setelah Line terbentuk menjadi shape, maka Extrude digunakan untuk merubah Shape tersebut menjadi sebuah object 3D.

-        Diffuse untuk menggambarkan warna atau tekstur dasar suatu objek yang tidak memperhitungkan efek bayangan, refleksi, atau pencahayaan yang kompleks. Diffuse menggambarkan warna atau tekstur dasar dari permukaan objek dalam representasi 3D. Ini adalah warna atau tekstur yang akan terlihat pada permukaan objek ketika tidak ada efek pencahayaan khusus atau material yang lebih kompleks yang diterapkan.

 

 

6. Kesimpulan

      Modeling drone burung untuk kebutuhan militer dalam pengembangan teknologi militer dapat digunakan untuk pengamatan dan pengintaian. Pertama-tama, desain yang meniru burung memberikan keuntungan taktis dengan memungkinkan drone untuk menyelinap dan memantau wilayah tanpa menarik perhatian berlebihan. Kemampuan drone burung untuk terbang dengan pola gerakan yang lebih alami dan sulit diprediksi membuatnya sulit dideteksi oleh radar atau sistem pertahanan musuh. Selain itu, penggunaan drone burung dalam konteks militer memberikan fleksibilitas dan adaptabilitas yang tinggi. Model-model ini dapat dioptimalkan untuk berbagai misi, termasuk pengamatan tempat yang sulit dijangkau atau situasi di mana pengintaian tradisional mungkin tidak efektif.

       Terakhir, pengembangan drone burung menunjukkan konvergensi antara teknologi militer dan biomimetika, yaitu pemanfaatan prinsip-prinsip desain alamiah dalam pengembangan teknologi buatan manusia. Ini menciptakan alat pengintai yang dapat beradaptasi dengan lingkungan alamiah, memberikan keunggulan kompetitif dalam operasi militer. Dengan menggabungkan teknologi modern dan inspirasi dari alam, modeling drone burung menjadi bagian integral dari evolusi peralatan militer untuk memenuhi tuntutan zaman modern.

           

.

                                   

Komentar