PERCOBAAN 7 - DESIGN DRONE BURUNG MENGGUNAKAN 3DS MAX
PERCOBAAN 7
DESAIN DRONE BURUNG MENGGUNAKAN 3DS
MAX
1. Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat Desain Drone Burung
Menggunakan 3ds Max.
2. Alat dan Bahan :
a.
Laptop
b.
Aplikasi 3dsMax
c. Cylinder
d. Tube
e. Box
f. Boolean
g. Extrude
h. M
diffuse
3. Dasar Teori :
a. Drone
Drone adalah sebuah istilah yang
umumnya merujuk kepada pesawat tanpa awak atau pesawat tanpa pilot. Drone dapat
dikendalikan secara remote oleh operator atau dapat diatur untuk melaksanakan
misi secara otonom dengan menggunakan perangkat lunak dan sensor yang
terintegrasi. Drone dapat memiliki berbagai ukuran, bentuk, dan fungsi, dan
seringkali digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pemantauan, pemetaan,
pengamatan, fotografi udara, pengiriman, dan bahkan keperluan militer. Mereka
biasanya dilengkapi dengan berbagai sensor seperti kamera, lidar, GPS, dan
sensor lainnya untuk membantu dalam navigasi dan pelaksanaan tugas mereka.
Drone burung adalah jenis drone yang
dirancang untuk meniru penampilan dan perilaku burung. Drone ini dirancang
dengan bahan-bahan yang dapat membuatnya terlihat seperti burung asli dan
seringkali digunakan untuk tujuan pengamatan atau pemantauan tanpa terdeteksi.
Drone burung dapat digunakan dalam
berbagai konteks, seperti surveilans militer, pengamatan alam liar, dan
penelitian ilmiah. Desainnya yang menyerupai burung dapat membantu drone ini
terlihat seperti bagian alam liar dan menghindari deteksi oleh manusia atau
hewan lainnya. Penggunaan drone burung dapat memberikan keunggulan dalam
situasi di mana drone konvensional mungkin terdeteksi atau dapat menimbulkan
kecurigaan. Meskipun mereka tidak memiliki kemampuan terbang seperti burung
sungguhan, drone burung dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu tanpa
menarik perhatian yang tidak diinginkan.
b. Cylinder
Cylinder merujuk kepada salah satu
dari banyak jenis geometri dasar yang dapat digunakan sebagai komponen dasar
untuk membangun objek 3D. Cylinder adalah bentuk tiga dimensi yang umumnya
memiliki dua permukaan cembung dan dua lingkaran yang sejajar (atas dan bawah).
Cylinder adalah salah satu bentuk primitif yang tersedia untuk digunakan dalam
proses modeling. Dalam 3ds Max, cylinder adalah salah satu elemen dasar yang
sangat berguna untuk membangun objek 3D yang lebih kompleks. Cylinder dapat
dimodifikasi dan dikombinasikan dengan bentuk-bentuk lainnya untuk menciptakan
berbagai jenis objek dalam dunia modeling dan animasi 3D.
c. Tube
Tube adalah istilah yang sering
digunakan untuk merujuk pada objek 3D yang memiliki bentuk seperti tabung atau
pipa. Tube ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam proses modeling
dan pembuatan objek 3D. Tube dalam 3ds Max sering digunakan untuk menciptakan
objek-objek seperti pipa, saluran, kerucut, atau benda-benda silindris yang
mirip. Mereka dapat diubah menjadi berbagai bentuk atau diintegrasikan dengan
objek-objek lain untuk membuat struktur yang lebih kompleks. Tube adalah salah
satu bentuk primitif yang sangat berguna dalam proses modeling 3D, terutama
ketika perlu membuat objek dengan bentuk silindris atau berongga. Dengan
mengatur parameter yang sesuai, dapat menciptakan tube dengan berbagai ukuran
dan bentuk untuk memenuhi kebutuhan desain.
d. Box
Box dalam 3ds Max dapat digunakan
untuk menciptakan objek-objek dasar yang memiliki bentuk kubus atau persegi panjang,
seperti kotak, bangunan, dinding, atau elemen-elemen struktural lainnya. Anda
juga dapat mengubah box menjadi berbagai bentuk dengan cara memodifikasi
parameter-parameternya. Box adalah salah satu bentuk
primitif yang paling sederhana dalam modeling 3D dan sering digunakan sebagai
titik awal dalam pembuatan objek yang lebih kompleks.
e. Boolean
Dalam konteks 3ds Max atau perangkat
lunak 3D modeling lainnya, "boolean" merujuk kepada operasi yang
digunakan untuk menggabungkan, memotong, atau memotong objek-objek 3D satu sama
lain. Operasi boolean memungkinkan untuk menggabungkan atau memanipulasi
objek-objek 3D dengan cara yang lebih kompleks dan kreatif. Operasi boolean
sering digunakan dalam proses modeling 3D untuk membuat objek yang lebih
kompleks atau untuk memodifikasi objek yang ada. Ini memungkinkan untuk
menghasilkan geometri yang rumit dengan cara yang efisien.
Beberapa jenis operasi boolean yang
umum adalah Union(Gabungan), Intersection(Potongan) dan
Subtraction(Pengurangan).
f. Extrude
Extrude adalah salah satu fitur yang
umumnya ditemukan dalam berbagai perangkat lunak pemodelan 3D, termasuk
aplikasi seperti 3D Studio Max, Autodesk Maya, Blender, dan sebagainya. Fungsi
utama dari menu "Extrude" adalah untuk memperpanjang atau mengekstrusi
permukaan objek 3D, sehingga menciptakan dimensi ketiga tambahan pada objek
tersebut. Ini adalah salah satu alat yang sangat penting dalam pemodelan 3D.
g. Diffuse
Diffuse adalah istilah yang
digunakan untuk menggambarkan warna atau tekstur dasar suatu objek yang tidak
memperhitungkan efek bayangan, refleksi, atau pencahayaan yang kompleks. Diffuse
menggambarkan warna atau tekstur dasar dari permukaan objek dalam representasi
3D. Ini adalah warna atau tekstur yang akan terlihat pada permukaan objek
ketika tidak ada efek pencahayaan khusus atau material yang lebih kompleks yang
diterapkan. Diffuse tidak memperhitungkan efek pencahayaan yang kompleks
seperti refleksi, bayangan, atau specular highlights. Ini adalah warna dasar
yang terlihat oleh mata ketika objek itu sendiri tidak memantulkan cahaya atau
memiliki sifat material yang spesifik.
4. Langkah-langkah Percobaan
a. Membuat Desain
5. Hasil dan Pembahasan
a. Hasil Video
b. Penggunaan masing-masing tool
- Pertama
membuat Map kemudian Gambar Drone burung dimasukan dengan menggunakan Texture.
- Setelah
itu, melakukan modeling menggunakan Extrude.
- Tool
Cylinder digunakan untuk membuat kerangka sayap, roda penggerak serta baut
drone burung.
- Tool
Boolean dalam konteks 3ds max digunakan untuk melubangi, mengurangi maupun
menggabungkan beberapa komponen.
- Tool
Extrude digunakan untuk menebalkan bentuk baik memperpanjang atau memperpendek
sehingga terbentuk objek 3D. Extrude juga dapat digabungkan dengan Tool line,
setelah Line terbentuk menjadi shape, maka Extrude digunakan untuk merubah
Shape tersebut menjadi sebuah object 3D.
- Diffuse
untuk menggambarkan warna atau tekstur dasar suatu objek yang tidak
memperhitungkan efek bayangan, refleksi, atau pencahayaan yang kompleks.
Diffuse menggambarkan warna atau tekstur dasar dari permukaan objek dalam
representasi 3D. Ini adalah warna atau tekstur yang akan terlihat pada
permukaan objek ketika tidak ada efek pencahayaan khusus atau material yang
lebih kompleks yang diterapkan.
6. Kesimpulan
Modeling drone burung untuk
kebutuhan militer dalam pengembangan teknologi militer dapat digunakan untuk
pengamatan dan pengintaian. Pertama-tama, desain yang meniru burung memberikan
keuntungan taktis dengan memungkinkan drone untuk menyelinap dan memantau
wilayah tanpa menarik perhatian berlebihan. Kemampuan drone burung untuk
terbang dengan pola gerakan yang lebih alami dan sulit diprediksi membuatnya
sulit dideteksi oleh radar atau sistem pertahanan musuh. Selain itu, penggunaan
drone burung dalam konteks militer memberikan fleksibilitas dan adaptabilitas
yang tinggi. Model-model ini dapat dioptimalkan untuk berbagai misi, termasuk
pengamatan tempat yang sulit dijangkau atau situasi di mana pengintaian
tradisional mungkin tidak efektif.
Terakhir, pengembangan drone burung
menunjukkan konvergensi antara teknologi militer dan biomimetika, yaitu
pemanfaatan prinsip-prinsip desain alamiah dalam pengembangan teknologi buatan
manusia. Ini menciptakan alat pengintai yang dapat beradaptasi dengan
lingkungan alamiah, memberikan keunggulan kompetitif dalam operasi militer.
Dengan menggabungkan teknologi modern dan inspirasi dari alam, modeling drone
burung menjadi bagian integral dari evolusi peralatan militer untuk memenuhi
tuntutan zaman modern.
.
Komentar
Posting Komentar