PERCOBAAN 1 - MEMBUAT TAMPILAN NAMA PRIBADI

PERCOBAAN 1

MEMBUAT TAMPILAN NAMA PRIBADI

 

1. Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat tampilan nama pribadi.


 2. Alat dan Bahan : 

    a.    Laptop

    b.    Aplikasi Delphi

    c.    Coding Tampilan Data


 3. Dasar Teori :

    a.    Form Delphi

Merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form merupakan sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil dari component palette. Pada saat memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong disebut Form1

Dalam sebuah form terdapat titik-titik yang disebut grid yang berguna untuk membantu pengaturan tata letak objek yang dimasukkan dalam form, dan gerakan pointer mouse akan disesuaikan dengan posisi titik-titik grid. Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form, komponen-komponen yang terletak dalam form dapat dikendalikan dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor.


Gambar 1. Tampilan Form

 

 

    b.    Tool Label

Label pada Delphi 7 adalah salah satu komponent standar yang berfungsi sebagai label dari komponent yang lain atau sebagai penampil teks pada form. Yang paling sering di gunakan adalah Label ini di asangkan dengan komponen.

 

Gambar 2. Logo Label

 

    c.    Tool Button

Button atau tombol adalah salah satu komponen essential/ dasar pembentuk suatu form aplikasi,  funsi dari tombl ini adalah untuk berinteraksi antara pengguna dan suatu program aplikasi, pada bahasa Delphi kita bisa membuat suatu form dengan beberapa button sesuai kebutuhan, button ini dapat kita kostumisasi sesuai dengan keperluan kita, baik warna, tulisan dan program yang akan di jalankan ketika tombol di click.

 

Gambar 3. Tampilan Button

 

    d.    Tool Image

Komponen Image adalah komponen yang menampilkan Object Grafis. Komponen Image bisa berupa file image dengan format .jpg, .gif, .bmp dan sebagainya. Komponen Image terdapat pada Tab Additional.

 



Gambar 4. Tampilan Tool Image

 

4. Langkah-langkah Percobaan

    a.    Flowchart

 

Gambar 5. Flowchart Program

            b.    Coding

Pada Button "AKTIFKAN"

   


  

5. Hasil dan Pembahasan

    a.    Hasil Video

           



     b.    Pembahasan

             Pada percobaan kali ini, kita menggunakan fungsi Label sebagai penampil informasi pada Program. Label sendiri terdiri dari berbagai macam Properties yang dapat diatur, seperti Font = untuk mengubah jenis huruf, ukuran maupun warna lalu Visibility = untuk memunculkan atau menyembunyikan komponen Label pada program. Kemudian ada komponen Button yang berfungsi sebagai tombol yang men-trigger aksi daripada suatu program. Dalam program ini, Button "AKTIFKAN" berfungsi untuk membuat Visibility dari Label = True sehingga komponen Label yang berisi data informasi dapat ditampilkan pada Program.

6. Kesimpulan

     Berdasarkan percobaan diatas, dapat kita simpulkan Label digunakan untuk menampilkan Teks pada program, Label dapat kita modifikasi bentuknya meliputi ukuran, warna serta isi teks itu sendiri. Sedangkan Tool Image digunakan untuk menampung gambar yang dimasukan kedalam program. Selain itu kita dapat menggunakan Property pada komponen tersebut untuk memodifikasi sesuai dengan penggunaan program.


Daftar Pustaka

Referensi :


https://slideplayer.info/slide/1994173/
 

http://pustaka.smpn1sutojayan.sch.id/techno/komponen-standar-delphi-7-label-property-dan-events/

https://pustaka.smpn1sutojayan.sch.id/techno/komponen-standar-delphi-7-button-property-dan-events/

https://slideplayer.info/slide/1978174/


Komentar